Cara Memasang Sendiri Instalasi Listrik Saklar + Stop kontak dan modifikasi fungsi

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara menghubungkan saklar dan stop kontak yang terdapat satu perangkat alat ( lihat gambar dibawah ) atau bagaimana cara menginstalasinya sehingga memiliki fungsi yang baik dan kita harapkan. Perangkat saklar + stop kontak ini sebenarnya secara umum digunakan dengan

fungsi masing - masing atau tidak saling berhubungan, misalkan untuk stop kontaknya dijadikan perantara sumber listrik peralatan elektronik anda, dan untuk saklar digunakan hanya untuk mengendalikan sebuah lampu. jadi antara saklar dan stop kontak tersebut meskipun berada dalam satu perangkat tetapi tidak saling berhubungan atau saling ketergantungan atau saling mempengaruhi dalam fungsinya.

saklar + Stop kontak
saklar + Stop kontak
Dari alat ini sebenarnya ada keuntungan yang bisa anda dapatkan, diantaranya adalah untuk satu lubang bobokan tembok anda sudah mendapatkan 2 fungsi alat yaitu ada saklar dan ada stop kontak. Biasanya untuk mendapatkan 2 fungsi tersebut anda harus memasang 2 perangkat alat yaitu 1 saklar tunggal dan satu stop kontak dan posisinya berdekatan, maka otomatis anda harus membuat bobokan tembok 2 lubang untuk 2 perangkat ini, sedangkan fungsi yang diinginkan sama saja.  Oleh karena itu alat ini bisa menjadi alternatif cerdas jika anda menginginkan 2 fungsi alat sedangkan yang tersedia adalah 1 lubang bobokan tembok.

Berikut ini saya jelaskan bagaimana cara menginstalasinya yang baik dan benar.

Saya misalkan pekerjaan instalasi yang akan kita lakukan sudah siap dengan satu lubang bobokan tembok beserta pipa yang sudah tertanam, jika anda tidak mau repot membuat bobokan  dan menanam pipa bisa disiasati dengan mengganti perangkat saklar+stop kontak tersebut menjadi perangkat saklar+stop kontak model tempel / bukan tanam, silahkan dikondisikan.

Peralatan dan bahan yang diperlukan :

- Perangkat saklar + stop kontak
- Obeng plus dan Tespen
- Kabel secukupnya 

Cara memasang instalasi :

 1. Pastikan instalasi sumber tempat pemasangan instalasi saklar + stop kontak sudah aman tidak bertegangan, bisa dilakukan dengan cara meng off kan MCB utama di KWH meter, serta pastikan bahwa instalasi tersebut sudah aman dengan menggunakan tespen

2. Pastikan sudah terpasang 3 kabel, 1 kabel untuk fasa masuk / utama + fasa stop kontak, satu kabel untuk fasa keluar menuju lampu, dan 1 kabel lagi untuk netral stop kontak

3. Mulailah instalasi dengan melihat petunjuk gambar dibawah ini :

Instalasi saklar + stop kontak
Instalasi saklar + stop kontak

4. Jika poin 3 sudah Ok, pasang perangkat saklar + stop kontak, pastikan  pemasangan sudah ok dan sesuai standar.

5. Hidupkan kembali MCB utama di KWH meter, cek stop kontak memakai tespen, salah satu lubang harus bertegangan, cek saklar dengan cara meng On / Off kan, pastikan lampu yang dikendalikan mengikuti posisi saklar.

6. selesai

Instalasi listrik saklar + stop kontak dengan modifikasi fungsi

Selain instalasi saklar + stop kontak yang dipaparkan diatas, ternyata kita bisa melakukan modifikasi fungsi dari perangkat ini, dan hal ini juga punya keuntungan tersendiri. Saya akan melakukan instalasi perangkat saklar + stop kontak tersebut dibuat saling berhubungan, dimana stop kontak yang dipakai nantinya dikendalikan posisi On dan Off nya dengan saklar disebelahnya. Keuntungannya adalah sebagai berikut :

- Beban listrik yang masuk stop kontak tersebut akan mudah dan praktis dikendalikan, saat beban listrik ingin dimatikan dan bebas tegangan maka cukup meng Off kan saklar saja tanpa harus mencabut stecker

- Umur stop kontak akan lebih awet / tidak gampang longgar penyebab panas karena stecker tidak keluar masuk

Cara memasang instalasi :
Sama halnya dengan instalasi yang sudah dipaparkan diatas, hanya saja proses instalasi mengikuti gambar dibawah ini :

instalasi saklar + stop kontak dengan modifikasi fungsi
instalasi saklar + stop kontak dengan modifikasi fungsi

Cukup sederhana bukan ? lebih mudah dan praktis jika memang fungsi ini yang anda inginkan.

sangat direkomendasikan agar dalam pekerjaan instalasi selalu memperhatikan 5 langkah keselamatan kerja kelistrikan serta didampingi oleh orang yang berkompeten.

Demikianlah artikel singkat kelistrikan yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, pertanyaan, saran ataupun masukan silahkan meninggalkan jejak dengan mengunjungi blog sumber aslinya yang tertera dibawah.

Wassalam.

Sumber: https://www.listrik-praktis.com/2015/09/cara-memasang-sendiri-instalasi-listrik-stopkontak-saklar.html